MENINGKATKAN PEMBELAJARAN NUMERIK PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PBL DENGAN METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR CLASS

Oleh : Nur Fathullah Shidiq, S.Pd
Tanggal : 06/10/2022
Sistem pengajaran sebagai bagian integral dari sistem kegiatan pendidikan, merupakan fenomena yang harus diperbaiki dan dikembangkan oleh pihak-pihak terkait dan berkepentingan. Hal ini menyangkut kurikulum, metode, media pengajaran, materi pengajaran, kualitas pengajar, dan lain sebagainya sehingga tercipta sistem pengajaran yang baik dan berorientasi ke masa depan.
Dalam lingkungan yang kompleks dimana tingkat literasi terutama numerasi pada peserta didik saat ini cenderung kurang optimel karena transisi daring ke luring. Oleh karena itu peserta didik merasa bosan pada saat pembelajaran di kelas karena terbiasa bermain di rumah pada saat daring.
Namun, perlu diketahui bahwa pendidikan yang maksimal akan terjadi jika proses yang berlangsung dapat terlaksana dengan guru yang kreatif, sabar, teliti, dan inovatif, serta dituntut guru untuk berdifferensiasi pada peserta didik. Dimana guru berfungsi sebagai fasilitator yang menjebatani keilmuan demi membangun critical thinking peserta didik yang merupakan sentral dalam proses pembelajaran.
Salah satu model pembelajaran yang mampu menarik dalam pembelajaran adalah Problem Based Learning, yang di kaitkan dengan penerapan outdoor class yang berlangsung.
Penggunaan media berbasis TPACK yang diimpelemntasikan serta dipadukan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan media yang menarik terbukti mampu meningkatkan motivasi atau semangat peserta didik dalam pembelajaran terutama pembelajaran numerik, sehingga hasil menjadi lebih baik, hal ini dibuktikan dengan test sumatif melalui media Quiziz disetiap akhir pertemuan.